ILMU BUDAYA DASAR

by - February 26, 2010

 
Kata Pengantar
Ilmu budaya dasar merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu kebutuhan akan pemahaman atas ilmu tersebut sangat diperlukan. Terkait dengan kebutuhan tersebut, saya membuat tulisan ini untuk menjabarkan mengenai apakah ilmu budaya dasar itu sebenarnya.
Terimakasih saya ucapkan kepada dosen IBD atas bimbingannya dalam mendorong kami untuk dapat menyelesaikan tulisan ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

Pendahuluan
Pendidikan, pengajaran serta penelitian harus mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat. Hubungan ini meliputi semua manifestasinya.
Oleh karena itu, perlu mempersiapkan mahasiswanya sedini mungkin guna menghadapi realitas tersebut dan agar terciptanya sosok mahasiswa yang cerdik lagi kritis ditengah-tengah masyarakat.
Memang disadari Ilmu Budaya Dasar dianggap sangat perlu sekali dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan penguasaandari ilmu-ilmu tersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala essensial alam, dan mempunyai sifat yang kritis terhadap dinamika-dinamika sosial dan budaya.
Dalam kesempatan makalah ini penulis ingin mengupas tentang pengertian IBD, tujuan IBD, ruang lingkup materi IBD, serta urgensi IBD bagi mahasiswa.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar antara lain :
1.   Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
2.   Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
3.   Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
4.  Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
5.  Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya
6.  Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya
7.   Tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan

Ilmu Budaya Dasar memiliki Ruang Lingkup antara lain :
1.  Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

You May Also Like

0 Comments

-Please Provide Your Comments-