Apa Sih, Pekerjaan PATTERN MAKER ?

by - January 15, 2019


Pattern Maker
adalah orang yang membuat pola pakaian berdasarkan sketsa, sizepack, atau mengukur secara langsung ke objeknya untuk menentukan detail yang diperlukan. Pattern Maker memiliki kombinasi keterampilan teknik dan desain. Mereka harus dapat memahami apa yang diinginkan oleh desainer atau klien pribadinya dan menerjemahkannya ke dalam garis-garis pola yang akan menjadikan pakaian itu pas dengan benar. Pattern Maker adalah tulang punggung teknis untuk proses pembuatan dan memiliki lebih banyak kendali daripada siapapun untuk menghasilkan hasil yang berkualitas.

Sebagai contoh: mari kita asumsikan Anda ingin membangun rumah impian Anda. Anda mengembangkan beberapa sketsa dasar tata letak dan fitur yang Anda inginkan dan membawa informasi ini ke seorang arsitek. Arsitek menggabungkan daftar keinginan Anda ke dalam desain fitur integritas struktural, seperti fondasi, kabel, keselamatan, kekuatan, daya tahan, serta menjaga biaya Anda sejalan. Setelah arsitek menyelesaikan spesifikasi teknis, kontraktor bangunan akan menggunakannya untuk membangun rumah Anda.

Inilah yang dilakukan oleh Pattern Maker, hanya mereka yang mendesain untuk produk yang dijahit. Inilah sebabnya mengapa Pattern Maker yang baik harus memiliki latar belakang yang kuat dalam mendesain untuk pembuatan. Tetapi tidak seperti Fashion Designer, Pattern Maker tidak memerlukan lisensi, itu yang sangat disayangkan. Namun Pattern Maker bisa menjadi seorang Fashion Designer, sedangkan Fashion Designer tidak bisa menjadi seorang Pattern Maker, karena Fashion Designer hanya bisa menciptakan gaya, tidak bisa membuat komponen. Di perusahan-perusahan industri Indonesia, Pattern Maker menjalankan 3 peranan sekaligus, Fashion Designer-Pattern Maker-Markering (Sketsa, Pola, dan Peletakkan pada kain)
 


Tanggung jawab
Ini pekerjaan yang sulit bagi mereka yang tidak tahu. Tanggung jawab Pattern Maker adalah merancang pola yang dapat dijahit dengan sempurna, dengan semua potongan yang cocok (sempurna). Memahami motif dan serat kain untuk penempatan garis-garis horizontal dan vertikal yang tepat. Memahami struktur kain untuk menentukan seam-allowance, apakah setelah dijahit kain tersebut akan mengkerut atau melebar. Kesempurnaan tidak dapat dinegosiasikan karena Anda harus mengasumsikan bahwa orang-orang dalam proses menggunakan pola masing-masing akan membuat kesalahan kecil. Jika setiap orang membuat kesalahan kecil 1/32 ", total kesalahan tumbuh menjadi 1/8" atau lebih, yang cukup untuk secara serius membahayakan kualitas produk. Jika setiap orang membuat kesalahan 1/16 ", kesalahan akan tumbuh menjadi ¼" yang berarti desain telah secara radikal didefinisikan ulang dalam proses. Ini berarti manset, kerah, saku, dan garis-garis akan bengkok atau tidak pas sama sekali.
Jika kesalahan menjahit adalah masalah, biasanya itu berarti potongan-potongan pola tidak cocok bersama secara tepat atau terlalu sulit untuk dijalankan dengan benar. Ini adalah tanggung jawab Pattern Maker untuk menghasilkan pola yang dapat dijahit tanpa kesalahan. Pekerjaan ini sangat menuntut. Dibutuhkan berjam-jam konsentrasi dan kerja soliter yang intens dengan sedikit interaksi dengan rekan kerja. Menurut definisi, kandidat yang paling sukses adalah penyendiri dan introvert. Selain itu Pattern Maker sekarang dituntut untuk bisa menggunakan beberapa jenis softaware CAD fashion



Apa yang dikenakan Pattern Maker
Sebagian besar Patern Maker industri mengenakan biaya sesuai dengan jadwal biaya yang ditetapkan dan atau tarif per jam. Seperti halnya penilaian, penetapan harga standar industri cukup konsisten di seluruh negara. Saya telah menemukan variasi harga minimal antara perusahaan. Biaya layanan didasarkan pada jenis pekerjaan, tingkat kesulitan, waktu yang diperlukan untuk menghasilkan pola, dan biaya bahan.
Bahan biasanya tidak termasuk dalam harga pola karena penggunaan kertas dapat sedikit bervariasi. Kertas pola bisa mahal; satu gulungan kertas memiliki berat antara 100 dan 200 lbs. jadi harap membayar penggunaan Anda berdasarkan basis per kaki. Juga berharap untuk membayar kait pola yang digunakan untuk menggantung dan menyimpan pola jika Anda tidak memberikan kait.
Sebagian besar biaya didasarkan pada jenis desain produk. Dengan kata lain, celana dan celana pendek dihargai dalam satu kategori, gaun dan blus di kategori lain. Alasan mengapa celana pendek dan celana, blus dan gaun dikenakan pada tingkat yang sama adalah karena satu-satunya perbedaan adalah panjang. Panjang garmen biasanya tidak penting dari sudut pandang peregangan karena tidak ada gunanya memperpanjang draf lebih lama dan pembuat pola jarang dapat membenarkan pengisian lebih untuk itu. Panjang penting untuk pembelian kain, tetapi tidak membuat draf karena panjang pekerjaannya sama.
Harga akan selalu bervariasi. Itu tergantung pada tingkat kesulitan dan detail desain. Juga, jangan berasumsi bahwa desain "sangat sederhana" adalah "sangat sederhana" untuk dikonsep.

You May Also Like

0 Comments

-Please Provide Your Comments-