Struktur
pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi
dan harga di dalam pasar ( Bain, 1952 ). Unsur-unsur struktur pasar meliputi:
konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan
integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro struktur
pasar dibagi dalam 4 macam bentuk (Paul A.Samuelson, 1995 p.193-194), yaitu :
1. Pasar
Persaingan Sempurna
adalah
struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat
banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil
dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi
harga produk tersebut. Perusahaan-perusahaan tidak mampu untuk melakukan
diffrensiasi produk atau produk homogen. Para pembeli dan penjual secara
individual hanya bertindak sebagai penerima harga ( Price taker ). Informasi
tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa
dengan mudah mendapatkannya. Pada pasar ini tidak adanya hambatan untuk masuk
atau keluar. Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan atau industri yang
menerima laba di atas normal.
2.
Pasar Monopoli
adalah
struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Produk yang
dihasilkan oleh perusahaan monopolis tidak ada barang substitusinya. Adanya
ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam memperoleh informasi tentang
produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan monopolis bebas untuk menentukan
jumpah output dan harga produk kapan saja. Perusahaan monopolis bisa mendapatkan
keuntungan di atas keuntungan normal dalam jangka panjang.
3. Pasar
Monopolistic
adalah
struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang
membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen
mampu membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya ( differensiasi produk
) dibandingkan produsen lain. Kemampuan untuk mendapatkan informasi mengenai
produk tidak sulit. Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah
untuk masuk dan keluar dari industri. Pada pasar ini juga, perusahaan
perusahaan hanya mampu menerima profit normal dalam jangka panjang.
4. Pasar
Oligopoli
adalah
struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi
hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.
Adanya ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai
produk, Adanya kemampuan pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk
didiferensiasikan tetapi sedikit sehingga adanya sedikit perbedaan produk
antara produsen. Dalam teori ekonomi mikro, model Oligopoli dibagi dalam dua
jenis, yaitu : pertama, oligopoli Non-kolusif terdiri dari model Cournot,
model Bertrand, model Chamberlain, Model Sweezy dan model Stackelberg. Kedua,
oligopoli kolusif yang terdiri dari kartel dan kepemimpinan harga.